Home > Kuliah > Running Turbo Prolog With DosBox

Running Turbo Prolog With DosBox

Kemaren malem saat praktikum Bahasa Pemrograman(BasProg) gw mengalami sedikit masalah karena program yang digunakan untuk praktikum saat itu adalah Turbo Prolog, bukan GNU Prolog yang sebelumnya diberitahukan oleh dosen kuliah (Dosen kuliah dan praktikum orangnya berbeda ~ red). Dan parahnya lagi, tidak seperti GNU Prolog yang multiplatform, Turbo Prolog cuma jalan di DOS. Berhubung gw sudah tidak punya Windows lagi, jadi lah gw pusing tujuh keliling puter otak gimana tu program supaya bisa jalan di Ubuntu. Alhasil gw awalnya coba-coba pake GNU Prolog yang gw install sebelum nya di kosan. Tapi ternyata kedua program tersebut cukup berbeda, terutama masalah pendeklarasian variabel dan predicates. Hmmm…setelah beberapa menit waktu ku terbuang (Dosen nerangin gw cuekin aj…:D), akhirnya gw mutusin untuk memakai komputer lab aj dulu (Daripada gw ketinggalan materi…). Yah, akhirnya gw menghabiskan Praktikum itu dengan Windows (Lumayanlah, itung2 nostalgia…:p).

Sepulang kuliah gw masih penasaran, pasti ad cara buat jalanin tu program di Ubuntu, browsing2 dikit akhirnya gw ketemu yg nama nya dosbox, semacam DOS emulator gitu lah. Yup let’s do it…

Pertama install dosbox dari repository :

$ sudo apt-get install dosbox

Buat direktori virtual untuk dosbox :

$ mkdir -p ~/dos/c

Selanjutnya copy-kan program Turbo Prolog ke dalam direktori tersebut.

Jalankan dosbox :

$ dosbox

Mounting Virtual Drive, agar dapat diakses di dosbox (sesuaikan direktori path…) :

Z:\> mount c /home/nobodyknows/dos/c

Yup, mounting sukses, selanjutnya pindah ke drive C dan jalankan PROLOG.EXE :

Z:\> C:
C:\> cd PROLOG
C:\PROLOG> PROLOG.EXE

Vooiillaaaa, Turbo Prolog is ready to rock ‘n roll….
turboprolog

Categories: Kuliah
  1. February 25, 2009 at 7:03 am

    mw nanya donk,,

    dari segi lisensi, platform, sintax, dukungan aplikasi….
    apa bedanya turbo prolog, strawberry prolog sama SWI????

    tolong blz ya ke email aja….
    thx b4

  2. August 10, 2009 at 3:37 am

    wakakakakakak

    ternyata lw eksis juga yah….tapi gw baru liat sekarang

    “:p

  3. Azhari Harahap
    September 1, 2009 at 2:14 am

    gw jg ga nyadar klo gw eksis syid…:D

  4. Roy
    January 5, 2012 at 5:53 pm

    Hi, Glad to find another Turbo Prolog user on wordpress.

  5. td
    September 3, 2012 at 7:08 am

    saya baru pake ubuntu, saya coba tpi gc mw , mohon pencerahannya, kirim ke e-mail teddy_gede@yahoo.com trims..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

