Home > GNU/Linux > Upgrade/Update ubuntu

Upgrade/Update ubuntu

Mungkin ad yg bertanya kenapa kita harus meng-upgrade sistem operasi??. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, mulai dari upgrade kernel, dukungan hardware, security issue, sampai bug fixes dari operating system itu sendiri. Lalu bagaimana jika saya sudah “pewe” alias klop dengan versi yang sekarang?Upgrade memang tidak dianjurkan jika memang tidak terlalu diperlukan. Tetapi upgrade menjadi begitu penting jika menyangkut dengan kepentingan publik, contoh nya yaitu penggunaan komputer server yg terhubung ke internet (“because i believe internet is most dangerous place in the world :)) ~ trust me”). Kenapa menjadi begitu penting?, karena sekali kita memutuskan untuk berhubungan dengan internet, maka kita harus siap dengan segala konsekuensi nya…yaelah bahasa gw…:). Apa konsekuensinya??Kyanya ga perlu dijelasin, udah pada tw semua khan??.

Gw mw sedikit berbagi pengalaman, dulu sebelum gw install firewall (baca: iptables) di “server boong2an” gw di kosan, gw nyantai2 aj. Lalu iseng2 nyobain masang firewall, gw make shorewall (baca: semacam iptables frontend), abis make iptables susah sih..:(. Eh, ternyata oh ternyata setelah gw liat log nya, banyak sekali aktivitas2 gelap yg sebelum nya ga gw ketahui sama sekali. Kebanyakan sih port scanning, terutama dari negara China yg memang katanya hacker2 nya didanai oleh pemerintah mereka…ckckck…Kpan y negara kita bisa kaya gitu??Entahlah…
Oh iya, perlu diketahui juga, di internet sangat banyak bertebaran robots (baca: host yg melakukan scanning otomatis terhadap host yg vulnarable), bayangkan jika kita yg kena, habislah sudah…

Ehm, kembali ke topik, lalu apakah dengan melakukan upgrade, komputer kita akan aman dari segala ancaman??Jawabannya Tidak, tidak ada sistem yg 100% aman di dunia. Pernah dengar situs pemerintah kita di-hack??Sering…atau pernah dengar server FBI dan pentagon kena hack?? Ini membuktikan bahwa seberapa hebat dan tangguh pun sebuah sistem, tidak ada yg seratus persen aman.
Jadi kesimpulan nya, upgrade sistem tidak serta merta membuat sistem kita aman, masih banyak faktor2 lain yg harus diperhatikan. Tapi, setidaknya dengan melakukan upgrade kita sudah mengurangi ancaman yang bisa masuk ke sistem kita.
Ok…ok…enough talking, let’s do some action…:)

Untuk melakukan upgrade/update pada Ubuntu versi desktop, caranya :
1. Pastikan repository sudah berjalan dengan baik
2. Masuk ke System->Administration->Update Manager
update
(Gambar diambil dari website resmi ubuntu)
3. Klik Check untuk memeriksa apakah ada update terbaru
4. JIka ada update terbaru, klik Install Updates untuk memulai update
5. Jika ada versi ubuntu yang lebih baru (baca: new release), maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah
new release
6. Klik Upgrade untuk memulai upgrade sistem

Untuk melakukan upgrade/update pada Ubuntu versi server, caranya :
1. Install update-manager-core
$ sudo apt-get install update-manager-core

2. Reload repository
$ sudo apt-get update

3. Untuk melakukan update jalankan perintah
$ sudo apt-get upgrade

4. Untuk melakukan upgrade jalankan perintah
$ sudo do-release-upgrade

Yup, segitu dulu, lebih dan kurang mohon diampuni…:)

Advertisements
Categories: GNU/Linux Tags:
  1. awi
    February 21, 2010 at 11:11 am

    bos saya update sistem kok mlah error. .
    pertma driver vga nvdianyake baca eh mlh gak ke baca. . .
    setelah di install ulang drivernya eh malh desktop effectnya yang gak bisa ke pke. . .
    solusinya apa ni bos. . .

  2. February 21, 2010 at 4:41 pm

    Upgrade nya dari versi berapa ke berapa mas/mbak?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: