Home > Kuliah > Keputusan untuk “tidak/belum” mengulang mata kuliah

Keputusan untuk “tidak/belum” mengulang mata kuliah

Belakangan ini saya dihadapkan pada dilema terhadap keputusan masa lalu yang saya ambil yaitu “tidak mengulang suatu mata kuliah”. Mata kuliah apa? Ga usah disebutin kali ya, biar agak penasaran :p

Huh! pelih amat, kasih tau dong?!
Ok ok, saya kasih tau huruf depan nya adalah ‘K’.

Yah, kalau yang pernah kuliah, pasti tau, mata kuliah yang sudah menjadi “langganan” atau lebih tepatnya “ladang pembantaian”, lebih-lebih bagi mahasiswa dengan otak pas-pasan seperti saya ini.

Flashback ke hari dimana pengumuman nilai ujian akhir diumumkan…
Saya kurang ingat hari itu hari apa, tapi yang bisa saya ingat itu mungkin hari “terburuk” yang pernah saya alami. Semua mahasiswa tampak harap-harap cemas melihat papan pengumuman yang terpampang di sudut ruangan, karena dengan ini bisa dipastikan mana mahasiswa yang akan lulus dan sukses lalu kaya raya atau mahasiswa yang harus berhenti sampai disini, mengepak koper lalu pulang ke kampung halaman.

Ok ok, tidak sesadis itu…
Ini “hanya” penentuan lulus atau tidak nya mahasiswa dalam mata kuliah ini.

Dan yang terjadi adalah 1/4 (estimasi) dari seluruh mahasiswa dinyatakan lulus (tidak ada nilai A, beberapa orang B, cukup banyak di C)
sedangkan sisanya dinyatakan tidak lulus (paling banyak di D, dan cukup banyak di E), sadis memang. Berada dimana saya? untuk pertama kali nya dalam sejarah “dunia persilatan” saya mendapatkan nilai D, menyesakkan memang, tapi hey, it’s not the end of the world, masih banyak cewek2 di luar sana (loh).

Setelah itu, karena banyak sekali mahasiswa yang harus mengulang (termasuk kakak kelas), pihak kampus memutuskan untuk mengadakan semacam “kelas tambahan” khusus untuk mata kuliah ini, dan ternyata hasilnya…

SAMA SAJA, atau lebih tepat lebih buruk (bagi saya).

Masih banyak mahasiswa yang “berguguran”.

Setelah itu saya dihadapkan pada pilihan untuk “kembali” mengambil mata kuliah ini, tapi setelah berpikir “tujuh hari tujuh malam”, saya memutuskan untuk tidak mengambil mata kuliah ini, sudah kebal rasanya kepala ini dengan rumus-rumus “antah-berantah” itu.

Dan, ternyata saya tidak sendiri (asik ada temen), masih ada satu orang “pembangkang” lagi yang (mungkin) mengikuti jejak saya, atau mungkin saya ngikutin jejak dia, entahlah, yang pasti kami berdua tidak ada hubungan sejenis merencanakan persekongkolan untuk sama-sama tidak mengambil mata kuliah ini, masing-masing dengan alasan nya sendiri.

Sampai sekarang masih simpang raya siur apakah nilai D itu dianggap lulus atau tidak, buktinya tidak ada peringatan dari pihak kampus, dan banyak mahasiswa lain dengan nilai D di mata kuliah lain tapi tidak mengulang, entahlah…

Yang pasti saya tidak menyesal dengan keputusan yang telah diambil, dan berusaha menjalani nya tanpa rasa bersalah tentu nya.

Entahlah…

Mungkin saya akan “ikhlas” menerima nya atau…

mungkin saya akan mengulang tahun depan.

Mungkin…

.

*Ditulis dengan kondisi setengah sadar
*Azhari Harahap
*zzzz…

Quiz of the day: “Kira-kira ada yang tau mata kuliah nya apa?”
Spoiler: Mata kuliah yang berhubungan dengan matematika, membahas limit, integral, turunan, bla bla bla…

Categories: Kuliah Tags:
  1. January 13, 2010 at 3:52 pm

    gw tau koq mata kuliah apa! *siul2..*

    klo ngga mau ngambil lagi, usahain jangan ngulang nilai D itu. coz klo ngga salah ada ketentuan untuk lulus ngga boleh lebih dari 2 nilai D. CMIIW

  2. Azhari Harahap
    January 13, 2010 at 4:06 pm

    Wow, that is quick :p

    Jadi D itu gpp kan ga ngulang mbak mut?
    Sebenarnya masih pengen ngulang sih, cuma tahun depan aja ah…
    atau kalau beruntung nanti ada tutorial kaya kemaren :p

    Pasti mbak, saya bisa pastikan itu D yg pertama dan terakhir :p

  3. February 5, 2015 at 12:49 pm

    Kalkulus ya bang? 😀

  4. mudhin
    April 21, 2016 at 11:39 am

    MK kimia pastinya

  1. January 17, 2010 at 8:25 am

Leave a Reply

