Home > Kuliah > Desain, Implementasi, dan Analisis Interkoneksi antara Protokol H.323 dan SIP pada jaringan VoIP

Desain, Implementasi, dan Analisis Interkoneksi antara Protokol H.323 dan SIP pada jaringan VoIP

Judul: Desain, Implementasi, dan Analisis Interkoneksi antara Protokol H.323 dan SIP pada jaringan VoIP
Oleh: Rizal Ansyori
Link: http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/15262

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah interkoneksi antara protokol H.323 dan SIP, protokol H.323 adalah protokol VoIP yang lebih dulu muncul dan masih banyak yang menggunakan nya sebagai protokol jaringan komunikasi VoIP. Dengan munculnya protokol SIP, para pengguna protokol H.323 mengalami beberapa kendala dalam hal interkoneksi dengan pengguna yang menggunakan protokol SIP.

Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan protokol H.323 dengan SIP pada jaringan VoIP. Hasil penelitian diharapkan dapat menjembatani komunikasi VoIP melalui protokol yang berbeda. Media perantara interkoneksi kedua protokol tersebut adalah dengan menggunakan suatu aplikasi open source berbasis Linux yang bernama Asterisk yang dikenal sebagai salah satu signalling gateway. Pengujian dilakukan sebanyak lima kali pengulangan panggilan untuk masing-masing protokol.

Analisis kinerja dilakukan berdasarkan tiga parameter yaitu delay, jitter, dan packet loss ratio. Pengambilan data dilakukan selama satu hari pada saat jam sibuk jaringan yaitu berkisar antara pukul 10.00 dan 12.00 WIB. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kualitas interkoneksi protokol pada saat traffic jaringan padat.

Terlihat bahwa dari hasil pengujian dan perhitungan keseluruhan panggilan baik antar protokol VoIP yang sama maupun berbeda protokol, menghasilkan jitter yang hampir sama yaitu mendekati 0. Hal ini disebabkan proses komunikasi melewati background traffic sama pada jaringan yang dilalui paket-paket H.323 dan SIP. Pada semua komunikasi VoIP baik antar sesama protokol maupun berbeda protokol, packet loss ratio yang dihasilkan hampir semuanya mendekati 0%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa interkoneksi protokol VoIP H.323 dan SIP berhasil dilakukan dan analisis kinerja keseluruhan memenuhi nilai standar yang direkomendasikan oleh ITU (International Telecommunication Union).

Advertisements
Categories: Kuliah Tags:
  1. December 1, 2011 at 2:54 am

    weleh-weleh ini skripsi suami ku juga disini.. kok bisa yah hihihi…

  2. December 3, 2011 at 4:08 am

    Wah ada kakak kelas berkunjung ternyata πŸ˜€
    Ini adalah bagian tugas mata kuliah MPTP πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: