Home > Kuliah > Efisiensi Alamat IP dengan Multi Domain pada sebuah Server Email

Efisiensi Alamat IP dengan Multi Domain pada sebuah Server Email

Judul: Efisiensi Alamat IP dengan Multi Domain pada sebuah Server Email
Oleh: Ahmad Zaenuri
Link: http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/13088

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan fasilitas internet seperti web dan email membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk keperluan tersebut sebuah perusahaan harus memiliki minimal sebuah server, perangkat lunak, nama domain, dan alamat IP yang terkoneksi ke internet. Dengan makin banyaknya host yang terkoneksi ke internet, secara tidak langsung juga akan mengurangi jumlah alamat IP (Ipv4) sehingga suatu saat akan habis.

Penelitian ini bertujuan mempelajari dan mengimplementasikan penggunaan sebuah alamat IP untuk beberapa nama domain pada sebuah mail server. Hal ini bertujuan untuk mengefisienkan penggunaan alamat Ipv4 sambil menunggu pengembangan dan implementasi Ipv6 secara global. Pada percobaan, server terkoneksi ke internet dengan bandwidth 64 kbps, sementara semua jaringan klien hanya terkoneksi ke internet untuk mengambil/mengirim email

.

Jumlah nama domain dan user mempunyai pengaruh terhadap kecepatan akses. Hanya saja pengaruh jumlah user jauh lebih besar dari pengaruh jumlah nama domain. Jumlah nama domain yang ideal adalah sekitar 10. selain itu jumlah user yang dapat mengakses secara bersamaan juga dipengaruhi oleh bandwidth server.

Secara umum, kedua tabel diatas memperlihatkan bahwa pada siang hari, memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan pagi dan sore hari. Hal ini dimungkinkan karena kebanyakan user sibuk bekerja pada siang hari, sementara pada pagi hari, biasanya sebelum bekerja user mengecek email, terutama email yang berhubungan dengan pekerjaan nya, atau sekedar browsing untuk mencari berita. Sedangkan pada sore hari yang paling lambat karena kemungkinan selain mengecek email, user biasanya juga browsing, chatting, atau bermain game online sambil menanti waktu pulang kerja. Sehingga secara tidak langsung mengganggu proses pengambilan email, karena jalur internet yang seharusnya bisa dipakai untuk mengambil email sebagian digunakan untuk keperluan browsing, chatting, dan sebagainya.

Advertisements
Categories: Kuliah Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: