Pasang Squid di MAC OS X

Posting ini dikhususkan untuk orang-orang yang memiliki bandwidth internet yang pas-pasan (seperti saya). Dengan bantuan si Squid ini, kita dapat mengurangi request ke internet dengan memanfaatkan cache. Jadi, si Squid ini men-cache objek-objek seperti gambar, flash, video, js, dan css dari website yang pernah kita kunjungi, sehingga jika kita mengunjungi website itu lagi, maka kita tidak perlu mengambil objek-objek dari website tersebut langsung, tapi cukup di cache nya si Squid ini saja. Tujuan nya adalah, tentu saja kita dapat menghemat bandwidth kita yang pas-pasan :p

Nah, sudah terbayang kan?

BTW, Sebenarnya si Squid ini fungsi nya bukan cuma web cache saja, bisa juga sebagai bandwidth limiter, authentikasi, access control list, hingga application layer firewall, dan masih banyak lagi keistimewaan dari si “Cumi” ini, sehingga tidak heran Squid menjadi Proxy server yang paling populer saat ini.

OK, langsung saja, untuk memasang si Squid ini, kita tinggal download saja versi Mac OS nya di http://www.d2m.com.br/community/squid%20mac%20os%20x/, versi Squid ketika saya install ini adalah versi Squid 2.5 stable 10. Setelah itu jalankan file tersebut, dan mulai install.

Install Squid

Install Squid

Install nya gimana? gampang, next-next aja, terus beres deh. 😀

Nah, setelah selesai install, selanjutnya kita perlu konfigurasi Squid sedikit saja, yaitu pada file squid.conf yang ada di /Applications/Squid/etc/squid.conf, cari baris seperti berikut:

# Marcelo Redoschi (marcelo@d2m.com.br)
# acl sample_network src 192.168.0.0/8
# http_access allow sample_network
acl local src 127.0.0.1/32
http_access allow local
#  Mac OS X Binary.  15 August 2005.

Disini kita menambahkan baris acl local src 127.0.0.1/32 dan baris http_access allow local, artinya kita membolehkan localhost (yaitu komputer kita sendiri) untuk mengakses web lewat Squid. Lalu simpan file tersebut.

Terakhir untuk menjalankan si Squid ini, jalankan Terminal dan ketik:

$ sudo /Applications/Squid/sbin/squid -z

Catatan: ini hanya dijalankan sekali, yaitu untuk membuat cache directory, untuk selanjutnya menjalankan Squid cukup dengan:

$ sudo /Applications/Squid/sbin/squid

Beres, kita tinggal mengarahkan browser kita untuk menggunakan Proxy dengan Host: localhost dan Port: 3128.
Untuk melihat bahwa kita benar terkoneksi melewati Proxy, jalankan perintah berikut:

$ sudo tail -f /Applications/Squid/var/logs/access.log

PS: untuk memudahkan me-manage squid, ada squid manager, tapi sayang sekali tidak bisa dijalankan saat saya coba 😦
Catatan: saya menggunakan MAC OS X 10.5.8

Leave a comment