Home > Tips 'n trick > SSH tunneling dengan putty dan iSSH

SSH tunneling dengan putty dan iSSH

Kalau di postingan ini dan ini saya menggunakan command line untuk melakukan ssh tunneling (baca: “pencurian” bandwidth :P), tapi koq lama-lama capek juga ya karena yang diketikkan cukup panjang dan dilakukan berulang-ulang:

$ ssh -D localhost:4321 -p 993 support@hostname

Akhirnya nyari-nyari ssh client yang memiliki GUI dan bisa melakukan tunneling.

Dan, ternyata gw harus kembali bernostalgia dengan putty, tools yang pertama kali kenal pas jaman kuliah D3 😀
Tapi ternyata config-nya ga segampang yang dibayangkan, dan agan Rasyid-lah jadi saksinya, ribet kan gan? Apa gw yg bego ya 😛

Akhirnya ngoprek-ngoprek lagi di rumah, dan akhirnya ketemu 🙂

Seperti biasa, isi dulu Hostname/IP address tujuan dan portnya, Connection type yang digunakan tentu saja SSH.

Lanjut ke menu Connection –> SSH –> Tunnels

Masukin Source portnya localhost:4321, jangan centang Dynamic dan IPv4 (kalau Auto malah nanti kepilihnya IPv6).

Udah, gitu doang 😀 Jangan lupa di Save biar nanti ga capek-capek setting lagi.

 

Oiya, ternyata ada yang lebih mudah lagi, yaitu iSSH. Berhubung putty tidak berjalan secara native di Mac OS, jadinya gw milih iSSH aja, dan putty memang lebih “ribet” karena menunya lebih banyak (tidak hanya SSH), sedangkan iSSH khusus untuk SSH jadi lebih simpel 😀

Semuanya di satu halaman, dan memang sudah ada templatenya 😀

Kalo begini kan tunneling jadi lebih lancar *digeplak admin 😀

Advertisements
Categories: Tips 'n trick Tags: , , ,
  1. yudi wijaya
    December 12, 2014 at 1:47 pm

    bang bagi tutorial pake ssh untuk mac osx dong

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: