Home > Tips 'n trick > Mem-POP email Yahoo! tanpa Mail Plus

Mem-POP email Yahoo! tanpa Mail Plus

Sebenarnya sudah lama ingin menutup akun email di Yahoo!, tapi mengingat masih banyaknya registrasi website yang menggunakan email ini membuat saya mengurungkan niat untuk menutup akun di Yahoo!. Salah satu yang membuat saya ingin hengkang adalah web interface-nya yang bisa dibilang kurang “user friendly”, terutama saat membalas dan mem-forward email (selalu top post dan susah untuk men-quote), belum lagi masalah cara menampilkan email yang satu-per-satu, tidak seperti gmail yang bisa conversation.

Akhirnya saya berpikir untuk mengambil saja email dari server Yahoo! dengan menggunakan mail client (Mail di Mac OS), dimana saya sudah mulai terbiasa menggunakannya. Tapi lagi-lagi Yahoo! “ngajak ribut” karena akun free tidak bisa mengambil email melalui POP maupun IMAP, berbeda dengan gmail yang membebaskan pengguna untuk melakukannya. Agar bisa mengambil email, kita diharuskan membayar kira-kira $20 per tahun, tidak terlalu mahal sih, tapi saya sudah terlanjur kecewa dengan Yahoo!, jadi saya memutuskan mencari cara lain.

Setelah melakukan googling, saya menemukan beberapa cara:

Yang pertama, dengan mengubah settingan lokasi di akun Yahoo! ke Yahoo! Asia, tapi sayang sekali cara ini tidak berlaku lagi alias sudah di blok oleh Yahoo!.

Yang kedua, menggunakan aplikasi YPOPs!, tapi sayang sekali hanya untuk Windows family.

Terakhir, ketemu dengan FreePOPs, yang support Windows, Linux, Mac OS, bahkan BeOS.
Setelah googling lebih lanjut, beruntung saya menemukan yang namanya MacFreePOPs, dimana sudah ada GUI yang tentunya memudahkan pemakaian. Perlu diketahui juga bahwa MacFreePOPs ini juga sudah menyediakan FreePOPs didalamnya, jadi tidak perlu install satu persatu.

Pertama, tentu saja download aplikasi MacFreePOPs, saya menggunakan versi 2.6 dimana versi FreePOPs nya adalah 0.2.9.

Install seperti biasa, tidak ada yang aneh-aneh. Setelah install, aplikasi FreePOPs akan berada di ~/Library/Application\ Support/MacFreePOPs/, sedangkan MacFreePOPs.app silahkan di salin ke /Applications.

Sebelum menjalankan MacFreePOPs ada sedikit penyesuaian yang perlu dilakukan, perlu diketahui FreePOPs menggunakan script LUA untuk mengambil email dari server, dan script-script tersebut ada di ~/Library/Application\ Support/MacFreePOPs/src/lua/. Dalam hal ini, jika kita menggunakan Yahoo! maka script yang dipakai adalah yahoo.lua. Tapi sayang sekali ada sedikit masalah di script ini saat melakukan koneksi ke server Yahoo! (Catatan: script yahoo.lua ini terakhir kali di update pada tahun 2009), untungnya ada seseorang yang berhasil meng-update script ini. Update script tersebut bisa di download di http://freepops.diludovico.it/showthread.php?p=56170#post56170, sayangnya butuh registrasi terlebih dahulu, bagi yang tidak mau registrasi silahkan download di sini (rename jadi zip). Catatan: script update ini dibuat pada tahun 2010.

Letakkan script update tersebut (yahoo.lua) di ~/Library/Application\ Support/MacFreePOPs/src/lua_updates/.

Selanjutnya, tinggal jalankan aplikasi MacFreePOPs dan jalankan service freepopsd, ini adalah daemon yang berfungsi mengambil email dari server melalui HTTP dan menjadikannya bisa diakses melalui POP, default port nya adalah 2000.

MacFreePOPs

MacFreePOPs

Sekarang tinggal melakukan konfigurasi di mail client, dalam hal ini saya menggunakan Mail di Mac OS X 10.5.

Lakukan Add Account seperti biasa, Type yang digunakan adalah POP, dan Incoming Mail Server adalah 127.0.0.1 dan port yang digunakan adalah 2000 dan pastikan Anda tidak menggunakan SSL.

Add Account

Add Account

Advanced Tab - Set port

Advanced Tab - Set port

Selamat mendowload email šŸ˜€

  1. albarach
    July 3, 2011 at 4:02 pm

    mantabe gan tips nya, tengkiyu. dah lama jalan2 di mbah gugel baru ni yg pas tipsnya
    numpang coba gan šŸ˜€

  2. riezno
    January 2, 2013 at 4:26 am

    coba pake ini pop.mail.yahoo.com.br
    kalo dengan mengubah settingan lokasi di akun Yahoo! ke Yahoo! Asia, tapi sayang sekali cara ini tidak berlaku lagi alias sudah di bl
    ok oleh Yahoo!.

  3. June 13, 2013 at 6:14 pm

    wohooo !!! Saya mengapresiasi sangat besar pada artikel ini. Sepikiran nih. Subhanallah ada ga nyangka nemu artikel berbahasa indonesia. Hahahaha padahal iseng doank nyari keyword bahasa indo. Akhirnya nemu juga orang yang jenius seperti agan. Ijin nyimak blog nya yaa gan.

    Makasih banyak ilmunya dan terima kasih sudah berbagi.

    Hormat saya, BanditHijo

  4. June 13, 2013 at 8:36 pm

    permisi gan,
    oh iya saya barusan mulai settingan. Dan mengejutkan sekali karena ternyata…
    aplikasi Mail client bawaan OS X Mountain Lion udah bisa secara otomatis mengakses yahoo.com dong.
    Sudah terconfigurasi secara otomatis. Entah karena sebelumnya saya juga memasukkan yahoo.com account saya ke iCloud & settingan notification mail, contact & calendar di system preferences atau settingan location saya yang di Indonesia atau bahkan memang Mail client bawaan Mountain Lion ini yang ” S P E C I A L”. Hahaha sejak saya migrasi dari Windows 5 tahun lalu (10.5.8), saya memang berkesan dengan OS X karena selalu mendapat hak yang lebih. Padahal aplikasinya serupa dengan yang dimiliki Windows tetapi ada sesuatu yang dilebihkan untuk pengguna OS X.

    by the way judul dan tagline nya boleh di tambahkan OS X tuh biar gampang di cari buat user OS X. cmiwww ^_^

  1. July 28, 2011 at 3:52 am
  2. January 4, 2014 at 3:19 pm

Leave a Reply

